Cara Install Script Ping Loop Pada Router Openwrt

Cara Install Script Ping Loop Pada Router Openwrt - Belakangan ini sedang marak tentang fly cccamd. Apa itu fly cccamd?, mohon maaf, disini KabaTekno tidak akan membahas tentang fly cccamd, silahkan Anda mencari referensi di Mbah Google.

Untuk menjalankan tiket cccamd dibutuhkan koneksi internet yang stabil, tidak harus dijaringan 3g, 2g saja cukup dengan cacatan sinyal stabil. Namun permasalahan yang sering terjadi, tidak di semua tempat sinyal internet stabil, jaringan sering berganti ganti dari EDGE - 3g - 3.5g  atau masuk dalam kondisi idle ketika tidak ada aktifitas.

Sebagai contoh untuk pengguna huawei modem e173 akan kelihatan lampu modem berubah dari hijau, biru dan biru muda. Hijau (edge), biru (3.g) dan (3.5g). Kalau untuk kegiatan browsing tidak jadi masalah, tapi untuk fly cccamd, ketika jaringan masuk ke kondisi idle, kelancaran fly cccamd akan terganggu. Gambar pada TV akan pecah-pecah seperti CD rusak, atau akan freeze selama beberapa detik.

Pada router yang sudah di upgrade dengan firmware Openwrt, hal ini bisa diakali dengan memasang script continuous ping, atau yang biasa disebut dengan ping_loop. Dimana router akan melakukan ping terus menerus dengan host, interval, count dan timeout yang sudah di tentukan. Script ini dibuat oleh Mas Mikodemos Ragil dan di share di Group Facebook Openwrt Indonesia.

Sebenarnya dengan menggunaka firmware Hunstman atau Funnelweb dari ofmodemsandmen.com, fitur continuous ping atau ping_loop sudah menjadi bawaan router, namun bagi pengguna firmware openwrt.org ,fitur continuous ping atau ping_loop harus diinstall belakangan.

Untuk mengunduh script silahkan joint dengan Group Openwrt Indonesia dan unduh script di document Group. Sebetulnya Mas Miko sudah menjabarkan bagaimana cara install script ping_loop atau continuous ping dengan jelas, tapi selalu ada saja member yang bertanya bagaimana cara install script ping_loop

Memang bagi orang yang belum pernah menggunakan Linux, cara install script yang sederhana saja akan terasa sulit. Namun untuk membantu member Group yang kesulitan, KabaTekno akan mencoba menerangkan kembali cara install ping_loop pada router Openwrt.

Cara install ping_loop pada router Openwrt.

Cara install script ping_loop tidak berbeda jauh dengan cara install paket pada router (Baca: Cara Install Aplikasi dan Paket Openwrt ). Namun hanya berbeda baris perintahnya saja.
  1. Unduh script ping_loop dari document Group Openwrt Indonesia, simpan di komputer.
  2. Login ke router menggunakan aplikasi Winscp (Windows)  atau File Zilla (Linux).
  3. Pada jendela Winscp sebelah kiri buka direktory / folder tempat script ping_loop disimpan.
  4. Pada jendela Winscp sebelah kanan, buka direktory / folder tmp (router).
  5. Copy paste script ping_loop yang sudah di unduh dari komputer ke direktory tmp pada router.
  6. Login ke router menggunakan aplikasi Putty.
  7. Ketik perintah berikut :
  • cd /tmp  (untuk masuk ke direktory tmp).
  • sh ping_loop install 
  • /etc/init.d/ping_loop enable (supaya script ping_loop autorun  saat router startup).
  • /etc/init.d/ping_loop start (untuk memulai ping_loop)
Kalau langkah di atas dilakukan dengan benar akan kelihatan seperti ini :

ping_loop

Untuk mengganti host , count, interval dan timeout ping_loop, dengan menggunakan aplikasi Winscp / File Zilla, buka file ping_loop yang berada pada direktory etc/config. Buka file ping_loop silahkan Anda setting sesuai keinginan dan kebutuhan.

Edit ping_loop dengan File Zilla


Atau Anda bisa merubah settingan ping_loop menggunakan aplikasi Putty. Ketikkan perintah berikut:

vi /etc/config/ping_loop 



Cara edit file menggunakan Putty.
  • Untuk menggeser kursor ke kiri gunakan huruf h 
  • Untuk menggeser kursor ke kanan gunakan huruf
  • Untuk menggeser kursor ke bawah gunakan huruf
  • Untuk menggeser kursor ke atas gunakan huruf k 
  • Untuk Delete gunakan huruf x
  • Untuk Insert karakter, pindahkan kursor ke karakter yang akan dirubah, hapus dengan x ,tekan huruf i sebelum mengetikkan karakter. Selesai Insert karakter tekan Esc.
  • Tekan :wq untuk simpan perubahan dan keluar.
Sering muncul pertanyaan "Bagaimana melihat script ping_loop sudah run atau belum, atau masih run atau tidak?"
Ketikkan perintah berikut pada Putty.

pidof ping_loop

Kalau muncul angka berarti script ping_loop masih run.


Atau bisa menggunakan Web Browser. Loin ke router menggunakan LUCI, klik tab 
Status > Processes







0 Response to "Cara Install Script Ping Loop Pada Router Openwrt"

Posting Komentar

Komentar spam dan komentar yang tidak berhubungan dengan artikel, dan menempatkan link hidup, mohon maaf akan saya hapus.
Terima kasih