Cara menghemat kuota internet Smartphone Android

Cara Menghemat Kuota Internet Smartphone Android - Dibalik harga yang terjangkau, dan ditunjang dengan ribuan aplikasi gratisan dan  beragam kelebihan lain yang ada pada system operasi Android, terdapat kekurangan yang sangat tidak disukai oleh para penggunanya.

Untuk menunjang operasinya, system operasi Android menggunaka kuota internet yang tidak bisa dibilang sedikit. Kalau pengaturannya tidak tepat, kuota internet sebanyak 1 gb bisa ludes dalam beberapa hari saja. Padahal hanya digunakan untuk browsing dan media sosial saja.

Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, fitur akses lokasi GPS, sinkronikasi email dan aplikasi, serta pembaharuan aplikasi yang kerap terjadi pada Smartphone Android, bertanggung jawab atas borosnya penggunaan kuota data internet.

Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat pemakaian kuota internet pada Smartphone Android. Baik hanya menggunakan beberpa setting dasar pada Smartphone, atau bisa juga memanfaatkan beberapa aplikasi yang ada di play store.

Berikut cara menghemat kuota internet pada  Smartphone Android :

Membatasi data latar belakang

Dengan membatasi data yang berjalan dilatar belakang akan ada beberapa aplikasi yang tidak akan berfungsi, namun Anda bisa memilah, aplikasi apa saja yang dibatasi dan yang tidak.

Nonaktifkan fitur akses lokasi GPS. 

Nonaktifkan fitur akses lokasi GPS pada Smartphone, selain boros kuota, akses lokasi GPS juga menguras baterai.

Penyebab Smartphone boros baterai

Install hanya aplikasi yang dibutuhkan saja

Ada ribuan aplikasi gratis yang ada di Play Store, namun dibalik harga yang gratis, pada aplikasi gratisan terdapat banyak iklan yang menyedot kuota data dan juga tidak sedap untuk dipandang. Tidak ada salahnya Anda menginstall aplikasi berbayar yang bebas iklan.

Nonaktifkan pembaharuan otomatis pada play store. 

Ganti pembaharuan otomatis aplikasi pada play store denagan opsi Jangan perbaharui aplikasi secara otomatis. 

cara-menghemat-kuota-internet-smartphone-android


Perbarui hanya aplikasi yang sering digunakan

Pembaharuan aplikasi dalam rentang waktu yang cukup singkat, memang sangat menjengkelkan, padahal hanya minor update saja, kita harus mengunduh ulang aplikasi di Play Store.

Tidak masalah kalau aplikasi hanya berukuran beberapa kb saja, namun untuk mengunduh aplikasi seperti BBM, Chrome, Firefox dsb akan memakan kuota internet yang tidak sedikit, minimal 30 mb hanya untuk satu aplikasi.

Nonaktifkan / hibernate aplikasi yang jarang dipakai. 

Gunakan aplikasi Greenify untuk menonaktifkan sementara aplikasi yang tidak didunakan. Dengan sekali tap, aplikasi akan nonaktif sampai digunakan kembali. Kita bisa memilih aplikasi apa saja yang selalu aktif dan aplikasi yang masuk daftar hibernate. 



Putuskan koneksi internet pada aplikasi

Gunakan aplikasi Opera Max untuk memangkas kuota data dan aplikasi NoRoot Fire Wall untuk memutus koneksi internet pada aplikasi tertentu saja.


Dengan menjalankan langkah-langkah di atas, cukup membantu menghemat konsumsi kuota internet pada Smartphone Android. 

0 Response to "Cara menghemat kuota internet Smartphone Android"

Posting Komentar

Komentar spam dan komentar yang tidak berhubungan dengan artikel, dan menempatkan link hidup, mohon maaf akan saya hapus.
Terima kasih