Cara Install Aplikasi dan Paket Router Openwrt

Cara Install Aplikasi Dan Paket Router Openwrt - Sebagai system yang berbasiskan Linux, untuk installasi paket dan aplikasi pada Openwrt, menggunakan 2 metode. Baik itu metode GUI ataupun dengan mengetikkan sebaris perintah pada Terminal Emulator.

Dari dua metode diatas terbagi lagi menjadi dua yakni install offline dan install online. Seperti Linux Ubuntu, kita mengenal perintah "apt-get". Sebagai contoh, untuk install aplikasi VLC di Ubuntu kita akan mengetikkan perintah

#apt-get install vlc

Sedangkan pada Openwrt, untuk installasi aplikasi dan paket, kita menggunakan perintah " opkg".

Install offline aplikasi dan paket router Openwrt.

Untuk installasi aplikasi dan paket pada router yang belum memiliki koneksi internet (offline), kita terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi atau paket yang dibutuhkan secara manual dari repositorynya.

Misalnya untuk install paket 3g modem pada router, kita harus mengunduh beberapa paket minimal untuk mengaktifkan koneksi internet pada router Openwrt. (Baca juga : Cara Koneksi 3g Modem di Router Openwrt )

Setelah semua paket yang dibutuhkan selesai di unduh, login ke router menggunakan Winscp atau File Zilla. Copy kan paket-paket yang akan di install ke direktory "tmp" pada router.



Login ke router menggunakan aplikasi Putty. Untuk install banyak paket sekaligus, ketikkan perintah berikut pada Putty :

#opkg install *.ipk

Tunggu proses installasi sampai selesai. Atau Anda install masing-masing paket satu per satu dengan perintah :

#opkg install nama_paket

Misalnya untuk install paket "comgt" ketikkan perintah :

#opkg install comgt




Install online aplikasi dan paket router Openwrt.

Sedangkan untuk install online, terbilang cukup mudah. Installasi bisa dilakukan menggunakan LUCI (GUI), atau bisa juga menggunakan perintah pada terminal emulator.

Install paket menggunakan LUCI.

Login ke router menggunakan LUCI. Masuk ke tab system -> software.
Klik update list untuk update ketersediaan paket. Gunakan kotak pencarian untuk mencari paket yang dibutuhkan. Klik "install".




Install paket menggunakan Putty. 

Login ke router menggunakan aplikasi Putty. Update paket dengan mengetikkan perintah :

#opkg update

Untk install banyak paket sekaligus bisa menggunakan perintah :

#opkg install paket_1 paket_2 paket_3

Sedangkan untuk install satu paket saja, mnggunakan peintah :

#opkg install nama_paket



0 Response to "Cara Install Aplikasi dan Paket Router Openwrt"

Posting Komentar

Komentar spam dan komentar yang tidak berhubungan dengan artikel, dan menempatkan link hidup, mohon maaf akan saya hapus.
Terima kasih