Cara Membuat Usb Bootable Windows dan Linux

Cara Membuat Usb Bootable Windows Dan Linux - Untuk install system operasi pada PC dan laptop, umumnya kita menggunakan CD installer. Baik menggunakan CD installer yang banyak dijual dipasaran atau CD installer yang diburning sendiri dengan catatan kita memiliki file ISO system operasi yang akan kita install. File ISO system operasi bisa didapatkan dengan mengunduhnya di internet.Bagaimana cara install system operasi pada netbook yang tidak memiliki DVD Rom?, atau katakanlah DVD Rom PC atau laptop yang akan diinstall sudah rusak?, kita bisa menggunakan bantuan USB flashdisk sebagai pengganti CD installer. Cara membuat USB flashdisk menjadi USB bootable Windows atau Linux bisa dengan menggunakan bantuan aplikasi Rufus. 

Berikut file ISO yang didukung oleh aplikasi Rufus :
 Arch Linux, Archbang, BartPE/pebuilder, CentOS, Damn Small Linux, Debian, Fedora, FreeDOS, FreeNAS, Gentoo, GParted, gNewSense, Hiren's Boot CD, LiveXP, Knoppix, KolibriOS, Kubuntu, Linux Mint, NT Password Registry Editor, Parted Magic, Partition Wizard, Raspbian, ReactOS, Red Hat, rEFInd, Slackware, Super Grub2 Disk, Tails, Trinity Rescue Kit, Ubuntu, Ultimate Boot CD, Windows XP (SP2+), Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows Server 2012, Windows 10, Windows Server 2016.

 Banyak aplikasi lainnya untuk membuat USB bootable seperti Universal USB atau Unetbootin, namun sepanjang pengalaman KabaTekno, Rufus lah yang paling bagus dan paling cepat dalam urusan membuat USB bootable. Kalau menggunakan program lain, kadang-kadang sering terjadi kekagalan saat transfer file dari PC ke USB, atau kadang-kadang setelah jadi USB bootable tidak bisa digunakan. Untuk mendapatkan aplikasi Rufus Anda bisa mengunduhnya di https://rufus.akeo.ie.

Cara membuat USB bootable Windows dan Linux.
cara-membuat-usb-bootable-windows-dan-linux
  • Siapkan file ISO system operasi yang akan dibuat USB bootablenya.
  • Siapkan USB flashdisk minimal 4gb untuk Windows dan minimal 2gb untuk linux seperti Ubuntu.
  • Tancapkan USB flashdisk yang akan dijadikan USB bootable
  • Buka aplikasi Rufus.
  • Pilih USB yang akan dibuat jadi USB bootable pada tab Device
  • Browse file ISO yang akan dibuat USB bootablenya dari file penyimpanan Anda. Klik gambar disc disebelah ISO Image
  • Contreng Quiqk format, Creat a bootable disk using dan Extended label and icon file.
  • Klik Start, tunggu beberapa saat file system operasi di salin ke USB flashdisk, hal ini akan memakan waktu beberapa menit. Setelah selesai, klik Close, USB bootable sudah bisa digunakan.
Silahkan merubah boot priority pada komputer atau laptop sebelum melakukan install system operasi.



Tag : Cara Membuat Usb Bootable Windows Dan Linux , Bagaimana cara install system operasi pada netbook yang tidak memiliki DVD Rom , Cara membuat USB flashdisk menjadi USB bootable Windows atau Linux

0 Response to "Cara Membuat Usb Bootable Windows dan Linux"

Posting Komentar

Komentar spam dan komentar yang tidak berhubungan dengan artikel, dan menempatkan link hidup, mohon maaf akan saya hapus.
Terima kasih